Anda Tidak Memiliki Akses Materi

Selesaikan materi aktif terlebih dahulu

Anda Tidak Memiliki Akses Materi

Bantu Kami Memahami Apa Yang terjadi

Apa yang terjadi ?

Sistem Pernapasan Manusia

Apa itu sistem pernapasan?


  • 0/0 Video
  • 0/5 Sub Bab
  • 0 Diskusi
Update Terakhir : 10 April 2016

Anatomi sistem pernapasan

Yok kita pelajari satu-persatu bagian di sistem pernapasan!

 

  • Rongga hidung

Pas kalian membersihkan hidung, pasti kerasa kan ada rambut-rambut tipis di dalam hidung. Jangan salah, rambut itu ternyata ada gunanya juga lho buat pernapasan kita. Itu gunanya buat nyaring udara yang kita hirup, biar bebas dari kotoran.

Terus, di rongga hidung ada pembuluh darah kapiler yang gunanya buat nyesuaiin suhu udara yang masuk lewat hidung biar sama kayak suhu tubuh kita. Makanya nafas lewat hidung bisa kita bilang lebih sehat daripada nafas lewat mulut.

 

  • Laring

Coba deh raba tenggorokkan kalian. Terus coba bicara deh. Kerasa getaran nya gak? Nah, itu soalnya udara lagi lewat laring buat ngehasilin suara.

Penasaran gak, kenapa udara dan makanan bisa masuk lewat mulut? Gini lho, di dalam laring, ada yang namanya epiglottis yang gunanya buat nutup jalan saluran pernapasan kita pas kita lagi makan, biar makanan gak masuk ke dalam sistem pernapasan. Sedangkan kalo misalnya kita lagi nafas, epiglottis nutupin saluran pencernaan biar udara bisa masuk ke sistem pernapasan. Secara gampang, kita bisa bilang epiglottis itu gunanya biar kita gak keselek pas lagi makan.

 

  • Trakea

Trakea, kalo secara gampang kita bilang nya itu saluran buat udara masuk. Di permukaan bagian dalam trakea, ada banyak sel epitel dan sel goblet yang berguna buat nyaring udara yang masuk ke paru-paru biar benar-benar bebas dari debu. Sel goblet memproduksi lendir yang memperangkap debu dan kotoran. Sel epitel punya rambut yang ngangkat kotoran dan lendir menuju mulut atau sistem pencernaan.

 

  • Paru-paru

Di dalam tubuh manusia, ada dua paru-paru. Cabang dari trakea, yang kita sebut bronkus, bakal bercabang lagi ketika masuk ke dalam paru-paru. Setelah bercabang sampe kecil banget, ketemu tuh yang namanya alveolus (jamak = alveoli). Alveolus itu ditutupi pembuluh darah kapiler biar oksigen bisa berdifusi dari alveolus ke dalam darah. Nah biar udara gampang berdifusi ke pembuluh darah, dinding alveolus harus tipis, yaitu hanya setebal satu sel.

Tau gak sih, dari unsur penyusun udara di bumi, ternyata bukan oksigen yang terbanyak lho. Udara di bumi cuma terdiri dari 21% oksigen! Sisanya 1% karbon dioksida, dan juga 78% nitrogen. Dari 21% oksigen yang masuk ke tubuh kita, hanya 5% oksigen yang terserap ke dalam peredaran darah.

 

  • Diafragma

Diafragma itu suatu “alat” yang ngebantu proses pernafasan di tubuh kita. Saat kita bernapas, diafragma bergerak naik turun agar napas kita jadi lebih mudah. Diafragma dibantu sama otot diafragma biar bisa gerak naik turun.

Nah, secara logika, kita dapat simpulkan bahwa urutan udara masuk ke dalam paru-paru itu dari hidung/mulut menuju faring, laring, trakea, bronkus, dan akhirnya menuju alveolus.

 

Komentar

Silahkan login untuk berkomentar materi ini