Pendahuluan

Saat kamu berdiri di bawah sinar matahari pada siang hari, tentunya badanmu terasa panas. Saat kamu merebus air dan secara tidak sengaja memegang wajan yang digunakan untuk merebus air, tentunya wajan itu terasa panas. Nah, itu disebabkan oleh perpindahan energi panas, yang disebut kalor. Pada bab ini, kamu akan mempelajari tentang bagaimana kalor dapat berpindah, dan juga bahan-bahan yang dapat menghantarkan dan tidak dapat menghantarkan panas.

Perpindahan Kalor

  • Konduksi

Ketika kamu menuang kuah panas ke dalam mangkok yang terbuat dari baja, tentunya mangkok tersebut terasa panas ketika kamu menyentuhnya. Ini adalah salah satu contoh dari konduksi, yaitu proses perpindahan panas yang tidak melibatkan pemindahan zat perantara (medium). Dalam contoh ini, panas dari kuah berpindah ke mangkok, kemudian ke tanganmu saat kamu menyentuh mangkok itu.

 

  • Konveksi

Ketika kamu merebus air, kamu pasti akan melihat gelembung-gelembung kecil yang muncul dari dasar panci ke permukaan. Nah, gelembung-gelembung itu adalah panas dari kompor. Perpindahan panas ini melibatkan zat perantara yang juga berpindah. Panas dan air berpindah secara bersamaan ke atas permukaan air. Maka dari itu, kita dapat simpulkan bahwa konveksi adalah perpindahan kalor yang melibatkan perpindahan zat perantaranya.

 

 

  • Radiasi

Pernahkah kamu penasaran bagaimana panas dari matahari yang jaraknya sangat jauh dari bumi bisa berpindah ke permukaan bumi? Nah, ini adalah proses perpindahan panas yang disebut radiasi. Di luar angkasa, semuanya adalah hampa – tidak ada zat perantara sama sekali. Panas dari matahari berpindah melalui radiasi – proses perpindahan panas yang tidak melibatkan zat perantara. Karena radiasi ini lah, kita bisa memanfaatkan panas matahari untuk menjemur pakaian.

 

Konduktor dan Isolator Panas

Pernahkah kalian penasaran, mengapa jika gagang panci selalu terbuat dari bahan plastik? Mengapa panci terbuat dari baja? Nah, di subtopik ini, kalian akan mendapakan jawaban dari dua pertanyaan diatas.

 

  • Apa itu konduktor panas?

Konduktor panas adalah zat-zat yang dapat menghantarkan panas. Panas dapat dihantarkan dengan baik oleh konduktor panas. Nah, panci terbuat dari baja agar bisa menghantarkan panas dari kompor untuk memasak makanan. Bayangkan jika panci terbuat dari isolator panas, makanan tidak akan matang. Yang biasa digunakan sebagai konduktor panas adalah logam seperti besi dan baja.

 

  • Apa itu isolator panas?

Isolator panas adalah kebalikkan dari konduktor panas, yaitu tidak dapat menghantarkan panas. Bahan isolator digunakan untuk gagang panci agar kita dapat memindahkan panci yang panas tanpa melukai tangan kita. Contoh dari bahan isolator adalah kayu, karet, dan kain.

 

 

  • Konduktor dan Isolator panas di kehidupan sehari-hari

Nah, selain panci, isolator dan konduktor panas banyak digunakan di kehidupan sehari-hari.

Jika kalian merasa dingin, kalian tentunya memakai jaket. Jaket, yang terbuat dari kain, adalah bahan isolator, yang tidak dapat menghantarkan panas. Ketika kamu merasa dingin, panas dari tubuh akan keluar. Nah, fungsi jaket sebagai isolator panas adalah menghambat keluarnya panas dari tubuh. Karena itu, tubuh terasa hangat jika memakai jaket.

Selain itu, isolator panas juga dimanfaatkan untuk cempal dapur. Cempal dibuat dengan bahan kain yang berguna untuk menahan panas saat kita mengambil piring atau mangkok yang panas.

Latihan Soal

1. Ketika kita mendekati api unggun, badan akan terasa panas. Perpindahan panas dari api unggun ke badan merupakan perpindahan kalor secara… (UN 2012/2013)

  1. konduksi
  2. radiasi
  3. induksi
  4. konveksi

                                                                                                                  [B]

2. Perpindahan panas secara konduksi terjadi pada peristiwa … (US/M 2013/2014)

  1. paku terasa panas ketika ujungnya dibakar          
  2. badan terasa hangat di depan api unggun
  3. es batu mencair saat berada di dalam air panas
  4. terjadinya angin laut dan angin darat                                          

[A]

 

3. Perhatikan gambar percobaan di bawah ini!

Pada saat air mendidih, seprihan kertas bergerak naik turun, karena terjadi perpindahan panas secara .. (UASBN 2008/2009)

  1. radiasi
  2. konduksi
  3. konveksi
  4. induksi                                                                                                                  

[C]

4. Perhatikan gambar di bawah ini!

Bagian alat yang merupakan konduktor ditunjukkan oleh nomor… (UASBN 2008/2009)

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4                                                                                                                           

[B]

5. Benda-benda yang termasuk konduktor pada tabel di bawah ini ditunjukkan oleh nomor … (UASBN 2007/2008)

  1.  1, 2, dan 3
  2.  2, 4, dan 5
  3.  1, 3, dan 4
  4.  3, 4, dan 5                                                                                                         

  [C]

6. Benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik disebut…

  1. isolasi
  2. konduktor
  3. isolator
  4. konduksi                                                                                                               

[C]