Anda Tidak Memiliki Akses Materi

Selesaikan materi aktif terlebih dahulu

Anda Tidak Memiliki Akses Materi

Bantu Kami Memahami Apa Yang terjadi

Apa yang terjadi ?

Bahan Kimia di Bidang Industri, Pertanian, dan Kesehatan

Apa itu Bahan Kimia di Bidang Industri, Pertanian, dan Kesehatan?


  • 0/0 Video
  • 0/4 Sub Bab
  • 5 Diskusi
Update Terakhir : 11 April 2016

Bahan Kimia di Bidang Industri

  • Cat: zat yang memberi warna ke tembok kalian. Zat-zat seperti cat dibuat di industri, cat juga terdiri dari 3 komponen utama yaitu: zat pengikat, warna, dan zat pelarut.                                                                                                                                                                                               
  • Bahan bakar: salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Kita sebagai manusia sangat perlu bahan bakar, lebih dari 90% energi yang diperlukan manusia itu dari bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil dikelompokkan menjadi tiga golongan yaitu:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 
  • Batu Bara: batu bara itu terbentuk lewat proses alami. Jadi batu bara itu tumbuhan-tumbuhan yang ukurannya besar, yang hidup zaman dulu sekali terus pas tumbuhannya mati itu terkubur dalam tanah. Zaman dulu itu kira-kira ratusan abad! Lama banget yaa… batu bara mengandung: senyawa karbon, sulphur pyrit, dan lain-lain.
  • LPG (Liquified Petrolium Gas)/ ELPIJI: ya, gas elpiji itu kan yang tangki-tangki besar kalian beli di Alfamidi atau Indomaret. Dipakai untuk masak biasanya, buat kompor, biar bisa masak ayam goreng! Terbentuk dari microorganisme yang mati dan terkubur di dalam batuan karang lautan. Komposisi LPG itu: 60-80% metana, dan sisanya adalah etana, propane dan butane. Kalau dibakar, menghasilkan karbon dioksida dan karbon monoksida.                                          
  • Minyak Tanah: salah satu hasil penyulingan minyak bumi yang gampang banget terbakar. Jadi dulu, sebelum ada gas elpiji orang-orang kalau mau masak ayam goreng, itu pake minyak tanah buat kompornya. Pembakaran bahan bakar dapat berakibat pencemaran, karena menghasilkan gas karbon dioksida dan karbon monoksida.                                                    
  • Grafit (arang) dan Intan: Grafit dan intan merupakan alotrop, karena dua-duanya terdiri dari unsur karbon, tetapi mereka punya struktur molekul yang berbeda. Grafit itu konduktor listrik terus biasa digunakan untuk electrode dan proses elektrolit. Tapi kalau intan yang mempunyai sifat mengkilap dan sangat keras biasa digunakan untuk perhiasan, bahan penggosok, dan juga mata bor pertambangan.                                                                             

 

  • Plastik: kalau kalian beli batagor dari pedagang kaki lima, kan batagornya dimasukkan ke kantong terbuat dari plastik. Itu salah satu fungsi plastik. Plastik memiliki 3 komponen utama yaitu: resin/damar buatan, bahan plastis, dan bahan pengisi. Kalau pake bahan plastik, sifat padat dan mudah patah bisa diubah jadi lunak dan fleksibel.                                                      
  • Keramik: Keramik itu senyawa aluminium silikat yang dipanaskan sampai suhu yang sangat tinggi hingga mencair lalu dicetak sesuai dengan kebutuhan. Lihat sekitar kalian, pasti ada keramik seperti lantai dan lain-lain.                                                                                              
  • Kaca: kaca itu terbuat dari pasir, soda, feldspar, borax, kerak garam, kulet, dan blok refraktori. Untuk kabel listrik jaringan telepon, biasa kaca dibuat tipis dan kecil setebal rambut yang disebut fiber optik. Fiber optik digunakan karena mempunyai daya hantar ribuan kali lebih besar dari kabel tembaga. Kaca itu susah banget diuraikan oleh alam, tapi dapat di daur ulang menjadi kaca yang baru.                                           

Komentar

Silahkan login untuk berkomentar materi ini


Daru Buswono

Kan disitu ditulis bahwa kaca itu terbuat dari banyak komponen, salah satunya borax. Borax itu apa ya?

0 Dislike Balas

Aktsa*

Borax itu pengawet Dar. Sering dipake di makanan. Pomade gue juga ada borax nya HAHAHA brb kanker

0 Dislike