Anda Tidak Memiliki Akses Materi

Selesaikan materi aktif terlebih dahulu

Anda Tidak Memiliki Akses Materi

Bantu Kami Memahami Apa Yang terjadi

Apa yang terjadi ?

Aljabar

Aljabar apaan sih?


  • 0/0 Video
  • 0/8 Sub Bab
  • 15 Diskusi
Update Terakhir : 23 March 2016

Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar

Kalo di aljabar ada penjumlahan dan pengurangan, kalian semua harus tahu kalo:

  1. Yang punya Variabel cuman bisa ditambah/dikurang sama yang punya Variabel juga, dan
  2. Konstanta cuman bisa ditambah/dikurang sama Konstanta doang

Jadi gaada yang nama nya itu yang ada X nya ditambah sama yang gaada X nya. Maksud gue tuh gini:

CONTOH

6x + 7 + 7x + 8

Nah, lo liat deh sekarang. Kan ada 2 tuh yang punya Variabel, & ada juga 2 Konstanta. Kalo mau diijumlahin semua, inget kalo Variabel cuman bisa sama Variabel, & Konstanta cuman bisa sama Konstanta. Jadi, biar gampang kita deketin Variabel sama Variabel, & Konstanta dengan Konstanta.

CONTOH

6x + 7x + 7 + 8 = 13x + 15

Nah, jadi kan diliat tuh, 6x ditambah sama 7x doang, & 7 ditambah sama 8 doang. Kalo bingung kenapa 6x + 7x itu hasil nya 13x, bayangin aja X tuh semisal telor. Kalo lu punya 6 telor ditambahin 7 telor, ya hasil nya 13 telor. Cuman, telor ini kita buat gampang nama nya jadi X.

Alhasil, kita tahu kalo Variabel itu bisa mewakili jumlah apapun. Mau jumlah botol kek, duit kek, apa aja. Variabel itu dibuat biar gampang aja kita nulis nya.

Nah, coba kita lihat beberapa contoh lagi, terus kalian coba soal-soal nya sendiri!

CONTOH

  1. 9x + 7x + 10x + 8 = 26x + 8
  2. 23b + 478 + 2b + 2 = 25b + 480
  3. 300z + 200 – 300z -100 = 100
  4. 110c + 220a + 33b + 44 = 110c + 220a + 33b + 44

Nah loh kok hasil nya sama aja kayak awal nya? Nah, satu lagi nih sob aturan nya, Variabel cuman bisa ditambah sama Variabel yang sama doang! Jadi kalo di contoh (iv), karena semua udah sederhana dan gaada lagi yang sama, yaudah hasil nya ya itu aja!

SOAL-SOAL

  1. 22x + 6x + 4 - 12x + 32 =______
  2. 400u – 139 + 200k – 200u = _______
  3. 237p – 220 – 114p – 123p + 220 = _____

JAWABAN
22x + 6x + 4 - 12x + 32 =

= 22x + 6x -12x + 4 + 32

= 16x + 32

400u – 139 + 200k – 200u

= 400u – 200u + 200k – 139

= 200u + 200k -139

237p – 220 – 114p – 123p + 220

= 237p – 114p – 123p - 220 +   220

= 0

Komentar

Silahkan login untuk berkomentar materi ini


Dani

susahnya ~

0 Dislike Balas

DATA A

Nathan ganteng ya

0 Dislike

nurhafiza

susah kali pun

0 Dislike Balas