Anda Tidak Memiliki Akses Materi

Selesaikan materi aktif terlebih dahulu

Anda Tidak Memiliki Akses Materi

Bantu Kami Memahami Apa Yang terjadi

Apa yang terjadi ?

Magnet

Apa itu Magnet?


  • 0/0 Video
  • 0/9 Sub Bab
  • 2 Diskusi
Update Terakhir : 14 April 2016

Cara Membuat Magnet

Hayoloh! Kita ternyata bisa buat magnet loh! Inti dari cara cara ini tuh ngubah magnet elementer yang tidak beraturan jadi teratur dan searah.

Ada 3 cara. Menggosok, induksi, dan arus listrik.

Komentar

Silahkan login untuk berkomentar materi ini


DATA A

cara menggosok supaya bisa jadi magnet itu gimana ya? Dan 2 cara yang lain aku gak ngerti gimana caranya supaya bisa jadi magnet

0 Dislike Balas

Ali M Firdaus Hermansyah

Begini, membuat magnet dengan cara menggosok itu caranya dengan menggosokkan suatu magnet pada logam lain. Nah, pada saat menggosoknya harus searah, jadi ggak boleh bolak balik dan cukup salah satu ujung magnet saja yang digosokkan. Misalkan kamu menggosok dengan kutub selatan ya gosok terus dengan jutub selatan jangan diganti dengan kutub utara. Berapa kali kamu harus menggosoknya? sebanyak mungkin karena semakin banyak kamu menggosok besi/logam lain maka semakin kuat magnet yang akan dihasilkan. Kalo metode induksi itu contohnya kamu tempelkan salah satu ujung paku di magnet. Nah selanjutnya paku tersebut akan mempunyai sifat seperti magnet juga pada ujung lainnya yang artinya paku tersebut juga bisa menarik besi. Kalo arus listrik, caranya kamu membuat sebuah kumparan kawat (biasanya tembaga) kemudian mengalirkan arus searah (DC) pada kawat tersebut maka jadilah magnet.

0 Dislike