Anda Tidak Memiliki Akses Materi

Selesaikan materi aktif terlebih dahulu

Anda Tidak Memiliki Akses Materi

Bantu Kami Memahami Apa Yang terjadi

Apa yang terjadi ?

Sistem Pernapasan Manusia

Apa itu sistem pernapasan?


  • 0/0 Video
  • 0/5 Sub Bab
  • 0 Diskusi
Update Terakhir : 10 April 2016

Kapasitas Paru-paru

Kalian pernah gak sih penasaran paru-paru kita bisa nampung seberapa banyak udara dari atmosfer? Yok ikutin pembahasan ini biar tau lebih lanjut!

Paru-paru orang dewasa tuh bisa nampung udara lumayan banyak, yaitu 5 liter. Bayangin deh kalo kalian beli air mineral kemasan besar kurang lebih 3 atau 4 botol, nah itulah kurang lebih banyaknya udara yang bisa masuk ke dalam paru-paru. Nah, 5 liter ini disebut volume paru-paru atau dengan kata lain, daya tampung paru-paru.

 

Kalo kalian lagi melakukan kegiatan, kalian secara tidak sadar tetap bernapas. Nah, dalam kondisi ini banyaknya udara yang masuk ke dalam paru-paru itu 0.5 liter, atau sekitar 1 botol air mineral berukuran sedang.Nah 0.5 liter ini namanya udara pernapasan/udara tidal.

 

Ceritanya nih, kalian lagi disuruh pidato. Terus sebelum pidato kalian tarik napas dalam-dalam, terus keluarin dengan kuat. Nah, tanpa kalian sadari di dalam paru-paru masih ada udara, walaupun kamu hembusin napas kamu sekencang mungkin. Nah, udara yang di dalam paru-paru saat itu adalah 1 liter. Nah 1 liter ini namanya volume sisa paru-paru.

 

Dengan ini, kita bisa simpulkan banyaknya udara yang bisa keluar dan masuk paru-paru itu 4 liter. Kenapa? Soalnya kan kapasitas maksimum paru-paru itu 4 liter. Sedangkan kalo misalnya kayak skenario di atas, kalian buang napas sekuat mungkin, masih ada sisa 1 liter di paru-paru. Jadi 5 dikurangin 1 ya jadi 4. 4 liter ini namanya kapasitas vital paru-paru. 

Komentar

Silahkan login untuk berkomentar materi ini