Sistem Saraf, Alat Indera, dan Endokrin

Sistem Saraf Sadar

Sistem saraf sadar adalah kumpulan sel saraf yang bekerja sesuai dengan kehendak sadar otak manusia, dan berpusat pada otak serta sumsum tulang belakang.

1) Saraf Pusat

Sumber : http://www.aktivasiotak.com/images/anatomi_otak.jpg

Lokasi otak adalah di dalam tulang tengkorak, diselaputi oleh selaput meninges yang terdiri dari tiga lapisan :

a.Bagian luar : durameter (selaput otak keras)

b. Bagian tengah : arachnoid (selaput sarang laba-laba)

c. Bagian dalam : piameter (selaput otak lunak)

Otak terdiri dari :

  • Cerebrum (otak besar) : Memiliki korteks (bagian luar) berwarna abu-abu yang disebut substansia alba, mengandung banyak akson, dendrit, serta terbungkus oleh selubung mielin. Otak besar terdiri atas beberapa lobus :
  1. Lobus oksipital (bagian belakang)                   : pusat informasi visual.
  2. Lobus temporal (pelipis/samping)                    : pusat pendengaran,emosi, dan fungsi bahasa.
  3. Lobus parietal (tengah)                                    : pusat pengaturan suhu, rasa, tekanan, sentuhan dan rasa sakit
  4. Lobus frontal (depan)                                       : pusat kecerdasan, ingatan, kemauan, dan sikap.
  • Cerebellum(otak kecil) : Pusat keseimbangan, pengatur kontraksi otot lurik, dan pusat koordinasi seluruh kegiatan otak. Terdiri dari 2 belahan yang dihubungkan jembatan voral.
  • Otak Tengah
  1. Bagian atas (lobus optik) : pusat refleks mata.
  2. Bagian tengah memiliki talamus, yaitu pusat pengaturan impuls sensoris
  3. Bagian dasar : pusat keseimbangan metabolisme dan cairan tubuh.
  • Medulla Oblongata : sumsum lanjutan atau batang otak. Berfungsi sebagai pengatur gerak refleks fisiologis (pernapasan, denyut jantung, pelebaran dan penyempitan pembuluh darah.)
  • Medulla Spinalis : sumsum tulang belakang. Ditemukannya di rongga tulang belakang. Bagian luar warna putih dan dalamnya abu-abu. Berfungsi sebagai pelindung impuls dari dan ke otak, serta memungkinkan terjadinya gerak refleks.

2. Saraf Tepi : 12 pasang saraf otak dan 31 pasang saraf sumsum tulang belakang. Pokoknya SISA nya yang nggak ada di otak, digunakan untuk menjalankan organ-organ tubuh.

 

Sistem Saraf Tidak Sadar

Sebagaimana namanya, sistem ini bekerja di luar kesadaran pikiran manusia. Bisa juga disebut "otonom". Tapi kalo susah, "tidak sadar" aja juga cukup, karena ya memang ga pake kesadaran. Terdiri atas :

  1. Saraf simpatik
  • simpul-simpul saraf yang terletak didepan ruas tulang belakang yang berpangkal pada sumsum tulang belakang ( medulla spinalis ) dari ruas tulang leher hingga tulang ekor.
  • Fungsi : mensarafi otot-otot tak sadar (organ peredaran darah , pencernaan dan pernafasan.

        2. Saraf Parasimpatik

  • bekerja berlawanan dengan saraf simpatik. Contoh : Saraf simpatik mempercepat kerja jantung, sedangkan saraf parasimpatik memperlambat kerja jantung.