Bagian-bagian Tumbuhan

Pendahuluan

Kalian tahu gak tumbuhan (rumput, bunga, pohon, dll) adalah benda hidup lhooo….

Kenapa bisa dibilang makhluk hidup? Ya karena tumbuhan makan, tumbuh, reproduksi, bergerak, beradaptasi, berinteraksi dengan lingkungan, dll. Gimana mereka melakukan semua ini? Mereka memiliki organ-organ yang memiliki fungsi-fungsi spesifik.
 

           

Akar

Akar adalah organ tumbuhan yang masuk ke dalam tanah untuk mengambil air, nutrisi, dan zat mineral (dan kadang-kadang bisa untuk mengambil air – nafas melewat akar…keren kan). Akar ini karena masuk ke dalam tanah, membantu tumbuhan tegak. (pohon bambu yang tinggi itu…bisa berdiri tegak karena akarnya!) Akar juga bisa menyimpan makanan hasil fotosintesis (contoh: ubi)

Bagian-bagian akar:

·        Inti akar – terdiri lagi dari pembuluh (kayu dan tapis). Pembuluh kayu mengangkut air dari akar ke daun. Pembuluh Tapis mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke semua bagian tumbuhan

·        Rambut akar –  menyerap air dari tanah

·        Tudang akar – kayak “tutup” akar, berfungsi untuk melindungi akar.

Batang

Batang tuh kayak “tulang belakang”nya tumbuhan. Dari batang daun, bunga, dan buah bercabang. Pembuluh kayu dan tapis melewati batang untuk mengangkut mineral, air, nutrisi, dan hasil fotosintesis keliling tumbuhan (ke daun, buah, bunga, akar, dll). Makanan yang dihasilkan tumbuhan juga bisa disimpan di batang. (contoh: tebu)

Daun

Daun itulah bagian tumbuhan yang melakukan fotosintesis. Daun bisa fotosintesis karena memiliki klorofil – itu adalah pigmen hijau yang membuat daun hijau. Daun memiliki tangkai daun, helai daun, dan tulang daun. Daun juga memiliki pori-pori disisi bawahnya yang berfungsi untuk “bernafas” (pertukaran oksigen dengan karbon dioksida).

Bunga

Bunga adalah bagian tumbuhan yang tercantik. Bunga bisa beraneka ragam bentuk dan warnanya. Tetapi bunga bukan cuman untuk dekorasi tumbuhan lho…. Bunga penting dalam reproduksi tumbuhan.

 

Bunga memiliki putik (alat kelamin betina) dan benang sari (alat kelamin jantan). Benang sari membuat serbuk sari yang akan nyampe ke kepala putik. Serbuk sari bisa nyampe karena ditiup angina atau dibantu serangga. Bunga memiliki mahkota yang menarik serangga ke situ untuk membantu penyerbukan. Bagian bunga lainnya adalah kelopak bunga (bagian luar) dan tangkai bunga.

Buah dan Biji

Bunga akan lama-lama menjadi buah. Buah memiliki daging buah dan biji. Biji itulah yang akan tumbuh menjadi tumbuhan yang baru. Biji bisa dikelompokkan menjadi 2 group:

·        Monokotil – biji berkeping satu

·        Dikotil – biji berkeping dua

 

Latihan Soal

1. Bunga pada tumbuhan berfungsi untuk (UN 2010/2011)

A. menyerap air dan unsur hara

B. alat perkembangbiakan generatif

C. tempat terjadinya pertukaran gas

D. mengangkut air dan zat-zat makanan

 

2.Akar pada wortel, selain untuk menyerap dan mencari makanan dari dalam tanah, juga berfungsi untuk .... (UN 2012/2013)

A. pemanjangan akar ke dalam tanah

B. proses pembuatan makanan

C. menyimpan cadangan makanan

D. pengambilan udara pernapasan