DISKUSI PR

Mudahkan belajar dengan berdiskusi di Mejakita. Anda dapat membuat
pertanyaan melalui fitur diskusi PR. Tanyakan dan cari solusi pertanyaanmu.

  • 1371 Pertanyaan
  • 223 Penjawab aktif

Hey! kamu punya PR

Sulit dikerjakan sendiri?

TANYA SEKARANG

ada yang bisa bantu jawab? atau caranya aja nentuin asam basa lemah, kuatnya

Tunjukkan Jawabanmu!

Saya Siswa Baru

secara gamapangnya ya itu pokoknya kuat sama kuat netral, lemah sama kuat = kuat, lemah sama lemah tergantung ka sama kb nya. Kalo disuruh buat pembuktian ya pake hidrolisis. Gimana? Maaf ya berbelit belit.

halooo risma ini materi hidrolisis. Jadi kuncinya 1. harus hafal mana aja ni yang tergolong asam & basa lemah atau kuat. Saran aku si hafalin yang kuat aja jumlahnya sedikit. 2. kamu harus lancan ionisasi 3. Inget inget aja ni kalo lupa, kalo kuat sama kuat garamnya netral. Nah kalo kuat sama lemah yang menang kuat. Sedangkan yang lemah sama lemah itu tergantukan ka dan kb nya.

misalnya ni Na2S. Kan dia terbuat dari NaOH dan H2S. nah NaOH itu adalah Basa kuat, sedangkan H2S itu asam lemah. ingat kuat sama lemah yang menang kuat. Nah yang kuat kan basa jadi garamnya juga bersifat basa.

Kalo disuruh buat reaksi hidrolisis, kamu ionin dulu garamnya terus abis itu masing masing ion + H2O. nah kalo ion dari yang kuat itu gabisa terhidrolisis. H2O itu H+ dan OH- ya

Contoh reaksi Hidrolisis untuk Na2S : 2NA+ + H2O → tidak akan terhidrolisis. Sedangkan S^-2 + H2O → H2S + OH- kenapa bisa gini? karna S^-2 itu berasal dari lemah, dia bisa terhidrolisis, terus pasangan anion kan kation. Nah maka S^-2 akan bergabung sama H+. Nah kan masih sisa tu OH- dalam air, berarti kan melepas OH- makanya Na2S itu basa.

kalo masih bingung liat aja catetanku "KIMIA KELAS 11 SEMESTER 2 : HIDROLISIS GARAM" "https://www.mejakita.com/catatan/detail/427-kimia-kelas-11-semester-2-hidrolisis-garam" ini lembar pertama rumus, lembar kedua contoh soal.

oh ya kak Day, cara mengetahui itu lemah atau kuatnya itu memang sudah ditetapkan ada tabelnya ya? kalau gak hafal itu bagaimana kak soalnya waktu itu gak ada di kasih catatan tabelnya

kalo masih bingung baca aja ni catetan di "Apa itu Hidrolisis Garam?" "https://www.mejakita.com/materi/index/1231/apa-itu-hidrolisis-garam"

kata kunci nya siapa kak mau di cari di kolom pencarian

Aku juga kelas 11. Asam Kuat itu : HCl, HBr, HI, H2SO4, HCLO3,HCLO4, HSN,HNO3, HMnO4. Basa kuat : golongan IA + OH (kecuali H)golongan IIA + OH (kecuali Be sama Mg). Selain yang aku sebutin tadi, sisanya lemah.

Ka Jason Hidrolisis garam

Buka menu → materi pelajaran → filter → SMA, Kimia → OK → Nanti otomatis yang ditampilin materi kimia kelas SMA. Nah cari deh yang judulnya Hidrolisis Garam. Atau kalo masih bingung tentang Asam Basa bisa juga baca yang Asam Basa. Disaranin harus hafal si mana kuat dan lemah, dikonsep asam basa juga harus mateng tentang yang konjugasi. Soalnya kalo engga materi kimia selanjutnya bakalan keteteran. Itu kata sodaraku yang kelas 12 hehe

Punya PR Lain?

Ayo diskusikan disini!


Diskusi Sekarang!